Jenis-Jenis Software yang Berhubungan dengan Akuntansi

 

A.    KRISHAND

sumber : https://www.linkedin.com/company/krishand-software/about/

Kelebihannya :

Ø  Cepat dan Akurat

Dengan software Krishand, persiapan pelaporan pajak Anda akan terhindar dari kesalahan seperti salah ketik, salah hitung, dsbnya, yang sering terjadi jika dilakukan secara manual..

Ø  Praktis

Dapat mencetak langsung formulir pajak (yang telah disesuaikan dengan ketentuan dari kantor pajak) tanpa harus menggunakan blanko formulir pajak.

Ø  Review setiap saat

Memungkinkan untuk mereview dan menampilkan kembali berkas-berkas pajak yang lama tanpa harus mengutak-atik ataupun mencari-cari arsip fisik berkas.

Ø  Up to Date

Semua formulir perpajakan yang tersedia dalam aplikasi merupakan formulir terbaru yang sesuai dengan peraturan perpajakan terakhir.

Ø  Membuat kerja lebih efektif, efisien dan hemat waktu.

Kekurangannya :

Ø  Tidak tahu bagaimana caranya memulai mengembangkan OSS.

Ø  Model bisnis yang tidak mengikuti pola bisnis software proprietary.

Ø  Kepemilikan yang tidak jelas sehingga cenderung berlawanan ( anti-thesis ) dengan pola IPR ( Intellectual property Right ) yang juga sedang digalakkan oleh pemerintah dalam penelitian yang didanai selama ini.

Ø  Tidak adanya dukungan komersial.

Ø  Terlalu banyak variasi dari OSS.6.

Ø  Usabilitas yang masih kurang baik.

Ø  Terbatasnya sumber daya manusia, aplikasi dan komitmen terhadap OSS.


B.     SAGE ACCPAC ERP

sumber  : https://www.sage.com/en-us/products/sage-300/

Adalah sebuah sistem akuntansi yang dikembangkan dengan arsitektur kelas dunia dan telah memenangkan berbagai penghargaan. Didesain untuk memenuhi kebutuhan perusahaan baik besar maupun kecil, Sage Accpac ERP dapat dijalankan dengan menggunakan berbagai pilihan database.

Kelebihannya :

Ø  Efisien dan mudah digunakan

Ø  Kemampuan reporting yang kompeten

Ø  Dapat disesuaikan dengan ukuran dan kebutuhan perusahaan. Dengan tiga edisi (ERP100, ERP200, dan ERP500)

Ø  Terintegrasi penuh

Ø  Support Windows dan Linux

Ø  Kombinasi desktop base dan web base

Ø  Sage Accpac ERP mempunyai dua modul utama yang saling terintegrasi penuh, yaitu Financial Modules dan Operational Modules.

Ø  Modul-modul finansial memenuhi kebutuhan aplikasi akuntansi perusahaan. Modul-modul finansial Sage Accpac ERP menyediakan interface yang user friendly untuk menjalankan kegiatan akuntansi dan keuangan perusahaan dan memberikan solusi yang utuh untuk berbagai jenis bidang usaha. Modul-modul finansial meliputi: General Ledger, Accounts Payable, Accounts Receivable

Ø  Modul-modul operasional menyediakan suatu sistem yang user friendly untuk menjalankan kegiatan logistik dan distribusi perusahaan sehari-hari. Modul-modul operasional meliputi:

Kekurangannya :

Ø  Hanya 1(satu) tipe dari database yang dapat digunakan untuk satu waktu. Jika digunakan untuk Btrieve dan kemudian untuk MSSQL, report sudah harus diganti.

Ø  Sering kali menghabiskan waktu untuk perbaikan data.

Ø  Sumber data ODBC harus dikonfigurasikan dengan tepat.Masalah hubungan/connectivity kemungkinan lebih sulit.

 

C. MYOB ACCOUNTING 17

sumber : http://smkn2-kng.sch.id/blog/2018/10/19/software-myob-accounting-versi-18/

Kelebihannya :

1.      User friendly (mudah digunakan), bahkan oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan mendasar tentang akuntansi.

2.      Tingkat keamanan yang cukup valid untuk setiap user.

3. Kemampuan eksplorasi semua laporan ke program Excel tanpa melalui prosesekspor/impor file yang merepotkan.

4.      Kemampuan trash back semua laporan ke sumber dokumen dan sumber transaksi.

5.       Dapat diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasikan.

6.      Menampilkan laporan keuangan komparasi (perbandingan) serta menampilkan analisis laporan dalam bentuk grafik.

7.       Mudah dipahami dan digunakan, sehingga bisa diajarkan kepada siswa SMK/SMA dan mahasiswa, maupun dipelajari oleh user secara mandiri untuk aplikasi langsung dalam pengelolaan perusahaan.

8.      Bisa diterapkan untuk jenis usaha yang ada di Indonesia, baik untuk skala kecil, menengah, dan besar

Kekurangannya :

1.      Tidak ada module fixed assets, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk mengelola assets yang dimiliki maka harus membeli add on lagi

2.      Tidak ada module Intercompany Reporting, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk membuat laporan keuangan konsolidasi maka harus membeli add on lagi

3.      Kelemahan Multi Warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola di dalam MYOB.

4.      Tidak dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi company, artinya laporan konsolidasi tidak dapat diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan MYOB.

5.      database MYOB merupakan file based sehingga kurang optimal jika digunakan untuk transaksi yang besar dan kompleks. Isu terbaru MYOB akan menggunakan server-based untuk databasenya sehingga optimalisasi pengolahan data lebih realistis.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama