BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Bank
adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan
dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau dalam bentuk
lainnya, dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat. Dari definisi inilah
dapat kita simpulkan bahwa usaha utama bank adalah menghimpun dana bank.
Demikian pula dari segi penyaluran dananya, hendaknya bank tidak semata-mata
memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya bagi pemilik tapi juga kegiatannya
juga diarahkan pada peningkatan taraf hidup masyarakat.
Di
Indonesia banyak beberapa macam bank umum . tetapi pada bank mandiri ini
memiliki beberapa layanan yang berbeda dari bank umum lainnya . Dalam hal ini
saya mengambil tugas observasi mengenai bank mandiri dimana bank mandiri
memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Serta memberikan informasi mengenai
beberapa layanan dan fasilitas yang akan diberikan kepada nasabah bank mandiri.
Dalam makalah ini saya akan menjelaskan mengenai sejarah bank mandiri, produk
yang ditawarkan, struktur organisasi, rencana dan strategi bank mandiri.
B.
Rumusan Masalah
1. Apakah bank mandiri, dan sejarahnya?
2. Apa visi dan misi dari bank mandiri?
3. Produk apa saja yang ditawarkan oleh bank
mandiri?
4. Struktur organisasi bank mandiri?
5. Rencana dan strategi bank mandiri
C.
Tujuan
1. Menambah informasi mengenai profil dan
sejarah dari bank mandiri.
2. Untuk mengetahui visi dan misi dari bank
mandiri.
3. Mengetahui produk apa saja yang ditawarkan
bank mandiri
4. Untuk mengetahui struktur organisasi bank
mandiri
5. Untuk mengetahui rencana dan strategi bank
mandiri
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian dan Sejarah Bank Mandiri
PT
Bank Mandiri (PERSERO) Tbk. (IDX: BMRI) adalah bank yang berkantor pusat di
Jakarta, dan merupakan bank terbesar di Indonesia dalam hal aset, pinjaman, dan
deposit. Bank ini berdiri pada tanggal 2 Oktober 1998 sebagai bagian dari
program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia.
Pada bulan Juli 1999, empat bank milik Pemerintah yaitu, Bank Bumi Daya (BBD),
Bank Dagang Negara (BDN), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim), dan Bank
Pembangunan Indonesia (Bapindo), digabungkan ke dalam Bank Mandiri.
Bank
Mandiri dibentuk pada 2 Oktober 1998, dan empat bank asalnya efektif mulai
beroperasi sebagai bank gabungan pada pertengahan tahun 1999. Setelah
selesainya proses merger, Bank Mandiri kemudian memulai proses konsolidasi,
termasuk pengurangan cabang dan pegawai. Selanjutnya diikuti dengan peluncuran
single brand di seluruh jaringan melalui iklan dan promosi.
Salah
satu pencapaian penting adalah penggantian secara menyeluruh platform
teknologi. Bank Mandiri mewarisi sembilan sistem perbankan dari keempat
‘’’legacy banks’’’. Setelah investasi awal untuk konsolidasi sistem yang
berbeda tersebut, Bank Mandiri mulai melaksanakan program penggantian platform
yang berlangsung selama tiga tahun, di mana program pengganti tersebut difokuskan
untuk meningkatkan kemampuan penetrasi di segmen ‘’’retail banking’’’.
Pada
saat ini, infrastruktur teknologi informasi Bank Mandiri sudah mampu melakukan
pengembangan ‘’’e-channel’’’ & produk retail dengan ‘’’Time to Market’’’
yang lebih baik.
Dalam
proses penggabungan dan pengorganisasian ulang tersebut, jumlah cabang Bank
Mandiri dikurangi sebanyak 194 buah dan karyawannya berkurang dari 26.600
menjadi 17.620. Direktur Utama Bank Mandiri yang pertama adalah Muljohardjoko
(Dirut Taspen sejak Februari 1996). Alumnus Fakultas Ekonomi UI ini pernah juga
berdinas di PT Telkom, terakhir ia menjabat sebagai direktur keuangan).
Muljohardjoko menjadi Dirut Bank Mandiri selama 35 hari ketika awal-awal
menjadi Dirut Taspen. Kepemimpinan Muljohardjoko di Taspen sendiri berjalan
sejak Februari 1996 sampai tahun 1999. Direktur Utama Bank Mandiri yang kedua
adalah Robby Djohan. Kemudian pada Mei 2000, posisi Djohan digantikan ECW
Neloe. Neloe menjabat selama lima tahun, sebelum digantikan Agus Martowardojo
sebagai Direktur Utama sejak Mei 2005. Neloe menghadapi dugaan keterlibatan
pada kasus korupsi di bank tersebut. Agus kemudian digantikan oleh Zulkifli
Zaini dan saat ini (2015) Budi Gunadi Sadikin (BGS) tengah menjadi Dirut Bank
Mandiri.
Pada
Maret 2005, Bank Mandiri mempunyai 829 cabang yang tersebar di sepanjang
Indonesia dan enam cabang di luar negeri. Selain itu, Bank Mandiri mempunyai
sekitar 2.500 ATM dan tiga anak perusahaan utama yaitu Bank Syariah Mandiri,
Mandiri Sekuritas, dan AXA Mandiri.
Nasabah
Bank Mandiri yang terdiri dari berbagai segmen merupakan penggerak utama
perekonomian Indonesia. Berdasarkan sektor usaha, nasabah Bank Mandiri bergerak
dibidang usaha yang sangat beragam. Sebagai bagian dari upaya penerapan
prudential banking & best-practices risk management, Bank Mandiri telah
melakukan berbagai perubahan. Salah satunya, persetujuan kredit dan pengawasan
dilaksanakan dengan four-eye principle, di mana persetujuan kredit dipisahkan
dari kegiatan pemasaran dan business unit. Sebagai bagian diversifikasi risiko
dan pendapatan, Bank Mandiri juga berhasil mencetak kemajuan yang signifikan
dalam melayani Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan nasabah ritel. Pada akhir
1999, porsi kredit kepada nasabah corporate masih sebesar 87% dari total
kredit, sementara pada 31 Desember 2009, porsi kredit kepada nasabah UKM dan
mikro telah mencapai 42,22% dan porsi kredit kepada nasabah consumer sebesar
13,92%, sedangkan porsi kredit kepada nasabah corporate mencakup 43,86% dari total kredit.
Sesudah
menyelesaikan program transformasi semenjak 2005 sampai dengan tahun 2009, Bank
Mandiri sedang bersiap melaksanakan transformasi tahap berikutnya dengan
merevitalisasi visi dan misi untuk menjadi Lembaga Keuangan Indonesia yang
paling dikagumi dan selalu progresif.
Pada
Juni 2013, Bank Mandiri sudah mempunyai 1.811 cabang dan sekitar 11.812 ATM
yang tersebar merata di 34 provinsi di Indonesia tanpa terkecuali, semakin
menegaskan Bank Mandiri sebagai salah satu dari jajaran bank terbesar di
Indonesia.
B.
Visi dan Misi bank Mandiri
Visi
dari bank Mandiri adalah sebagai berikut:
Menjadi
Lembaga Keuangan Indonesia yang paling dikagumi dan selalu progresif
Misi
dari bank Mandiri adalah sebagai berikut:
· Berorientasi pada pemenuhan kebutuhan
pasar
· Mengembangkan sumber daya manusia
professional
· Memberi keuntungan yang maksimal bagi
stakeholder
· Melaksanakan manajemen terbuka
· Peduli terhadap kepentingan masyarakat
dan lingkungan
C. Produk-Produk Bank Mandiri
Produk
bank mandiri sangat banyak sekali, namun secara garis besar sebenarnya Produk
Bank Mandiri dibagi menjadi 3 kategori yaitu : Simpanan, e- Banking, Kartu
Kredit. Tidak lain semua produk-produk bank Mandiri tersebut dibuat guna untuk
memenuhi kebutuhan nasabah Bank Mandiri dan juga untuk memikat calon
nasabahnya.
1. Simpanan
Info
Produk - Produk Bank Mandiri : Simpanan, e-Banking dan Kartu Kredit
Produk
Bank Mandiri Jenis simpanan di banyak sekali menawarkan berbagai macam jenis
tabungan untuk kebutuhan keuangan anda. Selain kenyaman dalam menabung anda
juga akan banyak mendapat keuntungan dari mandiri simpanan.
Mulai
dari tersediannya Jaringan ATM dan cabang yang tersebar luas di seluruh
Indonesia, Product Tabungan aman karena dijamin Lembaga Penjamin Simpanan
(LPS), dan Product Transaksi praktis dengan mandiri online.
Adapun
produk-produk Bank Mandiri simpanan adalah sebagai berikut :
*
Mandiri Tabungan Rencana Rupiah
Mandiri
Tabungan Rencana ini membantu dalam pengelolaan keuangan dengan baik dan terencana.
Ini bertujuan agar dapat mewujudkan apapun rencana nasabah kedepan.
*
Mandiri Tabungan Bisnis Rupiah
Sebagai
seorang pelaku bisnis tentu saja membutuhkan produk dan dukungan Bank yang
menyediakan layanan yang cepat, mudah dan jaringan yang tersebar luas di
Indonesia.
Untuk
itu guna memenuhi kebutuhan tersebut Bank Mandiri mempersembahkan Mandiri
Tabungan Bisnis Rupiah yang memberikan segala kemudahan dan kenyamanan.Sehingga
transaksi Bisnis Anda Lebih mudah, cepat, Jelas dan Lengkap.
*
Mandiri Tabungan TKI Rupiah
Bank
Mandiri memiliki produk Mandiri Tabungan TKI Rupiah yang khusus diperuntukan
bagi para TKI. Produk Mandiri Tabungan TKI ini dapat dimanfaatkan oleh para TKI
dan keluarganya di Indonesia untuk mengirim uang dengan mudah, murah dan
nyaman, karena Tabungan ini dalam mata uang rupiah.
*
Mandiri Tabungan Rupiah
Tabungan
Rupiah mandiri menawarkan kemudahan dan kenyamanan nasabahnya dalam hal
bertransaksi. Dengan mendaftar sebagai nasabah Tabungan Rupiah Mandiri, sudah
bisa merasakan berbagai keuntungan, Seperti kemudahan menabung Untuk kenyamanan
hidup dalam mengelola keuangan.
*
Mandiri Giro Rupiah
Tabungan
Mandiri Giro Rupiah Simpanan dana pihak ketiga dalam Rupiah yang penarikannya.
Dapat melakukan penarikan setiap saat dengan menggunakan cek, bilyet giro,
sarana perintah pembayaran lainnya. Tentu saja semua harus sesuai dengan
ketentuan yang ditetapkan Bank Mandiri.
*
Mandiri Tabungan Valas
Keuntungan
lebih bisa di dapatkan dengan membuka tabungan valuta asing (valas). Karena
akan mendapat kemudahan dan kenyamanan dalam hal bertransaksi menggunakan uang
asing.
Bagi
yang sering bertransaksi menggunkan dollar, Mandiri Tabungan Valas bisa menjadi
pilihan yang dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan.
*
Mandiri Giro Valas
Untuk
pelaku usaha demi kemudahan dalam bertransaksi keluar negeri Mandiri Giro
Valuta Asing bisa menjadi pilihan tepat. Dengan dukungan Terpercaya untuk usaha,
Bank Mandiri menawarkan transaksi perbankan menguntungkan melalui Mandiri Giro
valas.
Ini
merupakan Simpanan dana pihak ketiga dalam bentuk Valuta Asing. Untuk
penarikannya sendiri dapat di lakukan setiap saat dengan menggunakan LOA (
Letter Of Authorization ).
*
Mandiri Deposito Rupiah
Bagi
yang ingin menginvestasikan uang Mandiri Deposito Rupiah ini bisa menjadi
pilihan investasi yang tepat, karena akan memberi keuntungan dan rasa aman. Produk
Bank Mandiri Deposito Rupiah ini adalah simpanan berjangka.
Simpanan
ini dalam bentuk mata uang Rupiah dengan bunga menarik dan juga akan mendapat
beragam keuntungan lainnya dari tabungan ini.
*
Mandiri Deposito Asing
Dengan
memiliki tabungan deposito Voluta Asing (valas) anda akan menikmati berbagai
pilihan jenis mata uang dan pembayaran bunga yang fleksibel.Mandiri Deposito
Valas ini merupakan simpanan berjangka.
Dengan
memiliki deposito jenis ini akan mendapatkan berbagai keuntungan. Deposito
valas mandiri terdapat berbagai pilihan valuta asing yang bisa di manfaatkan
untuk mendapatkan keuntungan.
2. e-Banking
Info
Produk - Produk Bank Mandiri : Simpanan, e-Banking dan Kartu Kredit
Mandiri
e-banking bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam hal transaksi khususnya
bagi nasabah Bank Mandiri. Dengan menggunakan produk dari bank mandiri jenis
e-Banking Anda bisa bertransaksi dengan mudah kapan saja dan dimana saja.
Berikut
Jenis-jenis produk Mandiri e-Banking yang ditawarkan yang bisa digunakan
nasabahnya:
*
Kartu Mandiri E-Money
Mandiri
e-money adalah sebuah kartu nirsentuh yang dikeluarkan bank mandiri dalam 3
(tiga) pilihan kartu. Semua itu demi untuk kemudahan anda dalam bertransaksi
harian.
Seperti
untuk pembayaran Tol, Pembayaran parkir, Pembayaran kereta, Pembayaran
Transjakarta,Pembayaran di SPBU Pertamina berlogo e-money dan transaksi harian
lainnya.
Sehingga
dengan memiliki Mandiri e-money Transaksi Anda menjadi lebih mudah dan praktis,
tidak perlu membawa uang tunai untuk berpergian.
*
Mandiri ATM
Mandiri
ATM dapat anda digunakan oleh seluruh kartu Mandiri Debit untuk semua layanan
transaksi.Kartu Kredit Mandiri Visa dan Master bisa anda gunakan untuk tarik
tunai dan inquiry tagihan
*
Mandiri Debit
Beberapa
pilihan kartu ATM bank Mandiri (Mandiri Debit), yaitu Silver, Gold, dan
Platinum/Premium. Dalam hal ini tentu saja setiap kartu ATM mandiri memiliki
kelebihan masing -masing sesuai produk tabungan yang di pilih.
Fungsinya
sebagai alat bertransaksi di mesin ATM, di toko/ merchant (mesin EDC), di
merchant/website online/eCommerce dan di seluruh Cabang Bank Mandiri.
*
Mandiri Prabayar (e-Money)
Layanan
E-Channel / E-Banking (Mandiri e-money), anda bisa menikmati kemudahan dan
kenyamanan hidup dalam bertransaksi harian Anda.
Dengan
memiliki Mandiri e-money transaksi Anda menjadi lebih mudah dan praktis. Jadi
tidak perlu lagi membawa uang tunai dan direpotkan oleh uang kembalian.
*
Mandiri SMS
Menggunakan
layanan mandiri SMS hanya perlu Ketik SMS atau Pilih Menu Dengan mengetikkan
kode transaksi yang dibutuhkan, sudah bisa menerima jawaban apa yang di
butuhkan dalam bentuk SMS.
Transaksi
menggunakan mandiri SMS juga dapat dilakukan dengan SIM Microbrowser Mobile
Banking yang bisa tersedia di ponsel.
*
Mandiri Call 14000 atau (021) 5299-7777
Dengan
layanan Mandiri call ini bank Mandiri memberikan kemudahan bagi para nasabah
dengan membuka Layanan 1×24 Jam.Layanan 24 Jam Bank Mandiri (mandiri call)
didukung sistem yang bisa diakses oleh nasabah kapan saja.
Layanan
mandiri call meliputi Mandiri ATM, Mandiri SMS, Mandiri Call, Mandiri Mobile,
Mandiri Internet, dan Mandiri Internet Bisnis.
*
Mandiri Internet Banking
Bagi
nasabah Bank Mandiri bisa mendapatkan kemudahan dalam bertransaksi finansial
dengan menggunakan layanan internet Banking.
Hanya
perlu daftar untuk memiliki akun internet banking, dan bisa rasakan berbagai
kemudahan dalam bertransaksi.
*
Mandiri Mobile
Mandiri
Online merupakan layanan integrasi dari mandiri Internet dan mandiri Mobile
yang tampil dengan wajah baru.
Ini
dihadirkan guna untuk menghadirkan kenyamanan serta kemudahan lebih nasabah
dalam memperoleh informasi dan melakukan aktivitas transaksi keuangan.
*
Mandiri Mobile iPhone
Layanan
transaksi menggunakan Aplikasi Mandiri Mobile iPhone ini Akan memberikan
kemudahan bagi nasabah dalam hal melakukan berbagai transaksi dengan hanya
menggunakan perangkat iPhone. Tersedianya tampilan menu yang jelas dan menarik
sehingga lebih mudah digunakan.
*
Mandiri Mobile Android
Layanan
transaksi menggunakan Aplikasi Mandiri Mobile Android ini Akan memberikan
kemudahan bagi nasabah dalam hal melakukan berbagai transaksi dengan hanya
menggunakan hp Android.
*
Mandiri Mobile BlackBerry
Layanan
transaksi menggunakan Mandiri Mobile BlackBerry ini Akan memberikan kemudahan
bagi nasabah dalam hal melakukan berbagai transaksi dengan hanya menggunakan hp
BlackBerry.
*
Mandiri e-Cash
Mandiri
e-cash adalah uang elektronik berbasis server yang memanfaatkan teknologi
aplikasi di handphone dan USSD, atau yang disebut sebagai uang tunai di
handphone. Dimana memungkinkan nasabah pemegangnya bisa melakukan transaksi
perbankan tanpa harus melakukan pembukaan rekening terlebih dahulu ke cabang
Bank Mandiri.
3. Kartu Kredit
Info
Produk - Produk Bank Mandiri : Simpanan, e-Banking dan Kartu Kredit
Kartu
kredit saat ini memang sudah menjadi kebutuhan sebagian besar masyarakat.
Dengan Peluang ini Bank Mandiri tak ingin menyia-nyiakan dan mengeluarkan
produk jenis kartu kredit. Mandiri Kartu kredit terdiri dari berbagai tipe yang
bisa dipilih.
Jadi
Nasabah tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan yang diinginkan. Adapun beberapa
jenis kartu kredit Mandi adalah sebagai berikut:
*
Mandiri MasterCard
Kartu
kredit Mandiri MasterCar adalah salah satu jenis produk kartu kredit yang
dikeluarkan oleh Bank Mandiri. Kartu ini bisa di gunakan untuk menunjakan
kegiatan sehari-hari, seperti untuk berbelanja, dan keprluan lainnya.
Selain
itu juga akan mendapatkan keuntungan lainnya dengan ketentuan dari pihak bank
mandiri tentunya.
*
Feng Shui Card Platinum
Mandiri
Feng Shui Card merupakan kartu kredit platinum, kartu ini didesain menggunakan
tema berkaitan dengan Feng Shui, dan merupakan produk perbankan dari Mandiri
bekerjasama dengan MasterCard.
MasterCard
Worldwide merupakan institusi keuangan yang memiliki peran penting dalam
memajukan perdagangan global. MasterCard Worldwide ini menyediakan jaringan
ekonomi antara institusi keuangan, bisnis, pemegang kartu dan merchant di
seluruh dunia.
*
Visa Platinum Golf Card
Bagi
orang yang pencinta golf, menggunakan kartu kredit Visa Platinum Golf Card
merupakan keuntungan tersendiri karena anda bisa menggabungkan hobi Anda dengan
benefit yang diberikan kartu kredit Bank Mandiri.
Tak
hanya itu, produk Visa Platinum Golf Card ini juga memberikan fasilitas Airport
Lounge, asuransi perjalanan, dan tentunya cicilan 0% ketika membeli peralatan
elektronik bersama Mandiri Power Buy.
*
Visa Platinum Card
Kartu
Kredit Mandiri Platinum Card adalah jenis produk bank Bank Mandiri yang
bekerjasama dengan Visa dan visa merupakan institusi keuangan yang berperan
penting dalam memudahkan perdagangan global.
Dengan
menyediakan jaringan ekonomi antara institusi keuangan, bisnis, pemegang kartu
dan merchant di seluruh dunia. Sehingga anda akan mendapatkan kemudahan untuk
berbelanja dimana saja dieluruh dunia yang ada jarisagan visa.
*
Mandiri Visa
Jenis
produk bank Bank Mandiri yang bekerjasama dengan Visa, yang merupakan institusi
keuangan yang berperan penting dalam memudahkan perdagangan global yang berlaku
di seluruh dunia.
*
Skyz Card Titanium
Mandiri
Skyz atau Skyz Card sangat cocok untuk yang suka dengan perjalan, karena kartu
kredit ini akan memberikan berbagai keistimewaan dan penawaran eksklusif yang
membuat perjalanan makin nyaman sekaligus hemat.
Sehingga
akan mudah dan tidak perlu lagi membawa banyakuang tunai dalam setiap
perjalanan yang anda lakukan.
*
Golf Card
Bagi
para pecinta golf untuk mendapatkan kemudahan dalam setiap transaksi kartu
kredit jenis ini sangat cocok digunakan. Karena akan memberikan kemudahan dan
keuntungan dalam semua transaksi.
Jenis
Kartu Kredit Mandiri Golf Card ini hadir dengan kombinasi sempurna. Dan akan
mendapatkan berbagai penawaran spesial terutama bagi para penghobi golf dan,
fasilitas dan layanan perbankan terbaik dari Bank Mandiri.
*
Gold Card
Mandiri
Gold Card janis kartu kredit yang memberikan limit kredit lebih untuk memenuhi
transaksi sehari-hari. Promo dan program cicilan yang ditawarkan juga variatif
dan luas.
Semua
transaksi sehari – hari akan menjadi semakin mudah dan menguntungkan dengan
menggunakan kartu kredit jenis ini.
*
Silver Card
Kartu
kredit jenis Mandiri Silver merupakan jenis kartu kredit yang cocok untuk
kebutuhan sehari-hari. Bisa digunakan untuk keperluan membayar berbagai
pengeluaran bulanan seperti tagihan air, listrik, pulsa, dan lain sebagainya.
Selain
berbagai fasilitas dan kemudahan untuk melakukan berbagai transaksi, kartu
kredit jenis mandiri silver juga memberikan aneka power poin yang dapat
ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik.
*
Everyday Card
Kartu
Kredit Mandiri Everyday Card memberi keleluasaan bagi nasabah untuk memilih
desain kartu sesuai selera. Karena kartu kredit ini terdapat banyak sekali
pilihan desainnya.
Selain
itu dengan memiliki kartu ini juga akan mendapatkan banyak keuntungan dalam
transaksi setiap harinya dengan deretan diskon di supermarket, restoran, dan
banyak lagi lainnya.
*
Kartu Hypermart Gold
Kartu
kredit Mandiri Hypermart merupakan kartu kredit yang memberikan banyak
kemudahan dalam berbelanja di Hypermart.
Selain
sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan dalam bertransaksi sehari-hari, kartu
kredit ini juga sangat nyaman digunakan untuk berbelanja berbagai kebutuhan
sehari-hari.
*
Platinum Corporate Card
Mandiri
Corporate Visa Platinum ini merupakan Kartu kredit berguna untuk memenuhi
kebutuhan transaksi bisnis untuk perjalanan pegawai perusahaan dan menyediakan
kemudahaan untuk mengontrol pengeluaran.
*
Corporate Card
Memiliki produk Kartu Kredit Mandiri Corporate Card akan mendapatkan berbagai fitur utama yang menarik seperti:Premium Corporate Control, First Class Travelling Program, dan Reward Point Mandiri.Selain itu anda juga akan dapat menikmati berbagai fasilitas yang disediakan oleh Mandiri co
D. Rencana
Dan Strategi Bank Mandiri
Kedua, mengembangkan kompetensi inti kedua, dengan tumbuh secara agresif dan sehat di segmen ritel. Langkah kedua ini antara lain dengan memberikan kredit berbasis payroll, mortgage, pinjaman kendaraan, dan consumer loan lainnya.
Ketiga, meningkatkan sinergi dengan
perusahaan anak dan meningkatkan produktivitas jaringan distribusinya, untuk
menjadi one stop financial services provider yang handal.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Bank
Mandiri merupakan bank umum yang ada di Indonesia , bank mandiri ini seperti
halnya bank yang lainnya . Tetapi yang membuat bank Mandiri ini berbeda adalah
layanan dan fasilitas yang diberikan kepada pelangganya . Bank mandiri
mengutamakan good service terhadap konsumen. Beberapa layanan bank mandiri
mampu memberikan manfaat yang baik dan berguna bagi masyarakat yang membutuhkan
uang . contohnya menerima kredit usaha rakyat kecil dan tidak memberikan bunga
yang tinggi . Beberapa fasilitas yang canggih memudahkan konsumen untuk
melakukan transaksi . Bank mandiri mempunyai teknologi yang mudah untuk
dilakukan konsumen
Terhadap layanan bank mandiri ini banyak manfaat yang diberikan ,mulai rakyat kecil hingga para pengusaha bisnis besar . Bank mandiri ini tidak hanya memberikan layanan di dalam Indonesia , tetapi di luar negeri pun kita masih bisa melakukan transaksi atau menggunakan layanan yang kita butuhkan.Mudah mendapatkan mata uang asing yang kita butuhkan . Suku bunga Mandiri Deposito Valuta Asing yang kompetitif menjadikan investasi lebih cepat berkembang.
DAFTAR PUSTAKA
https://tipsserbaserbi.blogspot.com/2014/09/contoh-kata-pengantar-makalah.html
https://www.academia.edu/32225502/Makalah_bank_mandiri
https://tanjungpinanginformatika01.blogspot.com/2017/05/contoh-makalah-tentang-bank-mandiri.html
https://www.bankmandiri.co.id/struktur-organisasi
https://www.zonkeu.com/info-produk-produk-bank-mandiri/
https://swa.co.id/swa/trends/bank-mandiri-konsisten-jalankan-tiga-strategi-utama