Makalah Sejarah dan Perkembangan Bank Mandiri

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.    Latar Belakang

Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau dalam bentuk lainnya, dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat. Dari definisi inilah dapat kita simpulkan bahwa usaha utama bank adalah menghimpun dana bank. Demikian pula dari segi penyaluran dananya, hendaknya bank tidak semata-mata memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya bagi pemilik tapi juga kegiatannya juga diarahkan pada peningkatan taraf hidup masyarakat.

Di Indonesia banyak beberapa macam bank umum . tetapi pada bank mandiri ini memiliki beberapa layanan yang berbeda dari bank umum lainnya . Dalam hal ini saya mengambil tugas observasi mengenai bank mandiri dimana bank mandiri memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Serta memberikan informasi mengenai beberapa layanan dan fasilitas yang akan diberikan kepada nasabah bank mandiri. Dalam makalah ini saya akan menjelaskan mengenai sejarah bank mandiri, produk yang ditawarkan, struktur organisasi, rencana dan strategi bank mandiri.

 

B.     Rumusan Masalah

1.    Apakah bank mandiri, dan sejarahnya?

2.    Apa visi dan misi dari bank mandiri?

3.    Produk apa saja yang ditawarkan oleh bank mandiri?

4.    Struktur organisasi bank mandiri?

5.    Rencana dan strategi bank mandiri

 

 

C.    Tujuan

1.    Menambah informasi mengenai profil dan sejarah dari bank mandiri.

2.    Untuk mengetahui visi dan misi dari bank mandiri.

3.    Mengetahui produk apa saja yang ditawarkan bank mandiri

4.    Untuk mengetahui struktur organisasi bank mandiri

5.    Untuk mengetahui rencana dan strategi bank mandiri

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

A.    Pengertian dan Sejarah Bank Mandiri

PT Bank Mandiri (PERSERO) Tbk. (IDX: BMRI) adalah bank yang berkantor pusat di Jakarta, dan merupakan bank terbesar di Indonesia dalam hal aset, pinjaman, dan deposit. Bank ini berdiri pada tanggal 2 Oktober 1998 sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia. Pada bulan Juli 1999, empat bank milik Pemerintah yaitu, Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim), dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo), digabungkan ke dalam Bank Mandiri.

Bank Mandiri dibentuk pada 2 Oktober 1998, dan empat bank asalnya efektif mulai beroperasi sebagai bank gabungan pada pertengahan tahun 1999. Setelah selesainya proses merger, Bank Mandiri kemudian memulai proses konsolidasi, termasuk pengurangan cabang dan pegawai. Selanjutnya diikuti dengan peluncuran single brand di seluruh jaringan melalui iklan dan promosi.

Salah satu pencapaian penting adalah penggantian secara menyeluruh platform teknologi. Bank Mandiri mewarisi sembilan sistem perbankan dari keempat ‘’’legacy banks’’’. Setelah investasi awal untuk konsolidasi sistem yang berbeda tersebut, Bank Mandiri mulai melaksanakan program penggantian platform yang berlangsung selama tiga tahun, di mana program pengganti tersebut difokuskan untuk meningkatkan kemampuan penetrasi di segmen ‘’’retail banking’’’.

Pada saat ini, infrastruktur teknologi informasi Bank Mandiri sudah mampu melakukan pengembangan ‘’’e-channel’’’ & produk retail dengan ‘’’Time to Market’’’ yang lebih baik.

Dalam proses penggabungan dan pengorganisasian ulang tersebut, jumlah cabang Bank Mandiri dikurangi sebanyak 194 buah dan karyawannya berkurang dari 26.600 menjadi 17.620. Direktur Utama Bank Mandiri yang pertama adalah Muljohardjoko (Dirut Taspen sejak Februari 1996). Alumnus Fakultas Ekonomi UI ini pernah juga berdinas di PT Telkom, terakhir ia menjabat sebagai direktur keuangan). Muljohardjoko menjadi Dirut Bank Mandiri selama 35 hari ketika awal-awal menjadi Dirut Taspen. Kepemimpinan Muljohardjoko di Taspen sendiri berjalan sejak Februari 1996 sampai tahun 1999. Direktur Utama Bank Mandiri yang kedua adalah Robby Djohan. Kemudian pada Mei 2000, posisi Djohan digantikan ECW Neloe. Neloe menjabat selama lima tahun, sebelum digantikan Agus Martowardojo sebagai Direktur Utama sejak Mei 2005. Neloe menghadapi dugaan keterlibatan pada kasus korupsi di bank tersebut. Agus kemudian digantikan oleh Zulkifli Zaini dan saat ini (2015) Budi Gunadi Sadikin (BGS) tengah menjadi Dirut Bank Mandiri.

Pada Maret 2005, Bank Mandiri mempunyai 829 cabang yang tersebar di sepanjang Indonesia dan enam cabang di luar negeri. Selain itu, Bank Mandiri mempunyai sekitar 2.500 ATM dan tiga anak perusahaan utama yaitu Bank Syariah Mandiri, Mandiri Sekuritas, dan AXA Mandiri.

Nasabah Bank Mandiri yang terdiri dari berbagai segmen merupakan penggerak utama perekonomian Indonesia. Berdasarkan sektor usaha, nasabah Bank Mandiri bergerak dibidang usaha yang sangat beragam. Sebagai bagian dari upaya penerapan prudential banking & best-practices risk management, Bank Mandiri telah melakukan berbagai perubahan. Salah satunya, persetujuan kredit dan pengawasan dilaksanakan dengan four-eye principle, di mana persetujuan kredit dipisahkan dari kegiatan pemasaran dan business unit. Sebagai bagian diversifikasi risiko dan pendapatan, Bank Mandiri juga berhasil mencetak kemajuan yang signifikan dalam melayani Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan nasabah ritel. Pada akhir 1999, porsi kredit kepada nasabah corporate masih sebesar 87% dari total kredit, sementara pada 31 Desember 2009, porsi kredit kepada nasabah UKM dan mikro telah mencapai 42,22% dan porsi kredit kepada nasabah consumer sebesar 13,92%, sedangkan porsi kredit kepada nasabah corporate  mencakup 43,86% dari total kredit.

Sesudah menyelesaikan program transformasi semenjak 2005 sampai dengan tahun 2009, Bank Mandiri sedang bersiap melaksanakan transformasi tahap berikutnya dengan merevitalisasi visi dan misi untuk menjadi Lembaga Keuangan Indonesia yang paling dikagumi dan selalu progresif.

Pada Juni 2013, Bank Mandiri sudah mempunyai 1.811 cabang dan sekitar 11.812 ATM yang tersebar merata di 34 provinsi di Indonesia tanpa terkecuali, semakin menegaskan Bank Mandiri sebagai salah satu dari jajaran bank terbesar di Indonesia.

 

B.     Visi dan Misi bank Mandiri

Visi dari bank Mandiri adalah sebagai berikut:

Menjadi Lembaga Keuangan Indonesia yang paling dikagumi dan selalu progresif

Misi dari bank Mandiri adalah sebagai berikut:

·       Berorientasi pada pemenuhan kebutuhan pasar

·       Mengembangkan sumber daya manusia professional

·       Memberi keuntungan yang maksimal bagi stakeholder

·       Melaksanakan manajemen terbuka

·       Peduli terhadap kepentingan masyarakat dan lingkungan

 

C.    Produk-Produk Bank Mandiri

Produk bank mandiri sangat banyak sekali, namun secara garis besar sebenarnya Produk Bank Mandiri dibagi menjadi 3 kategori yaitu : Simpanan, e- Banking, Kartu Kredit. Tidak lain semua produk-produk bank Mandiri tersebut dibuat guna untuk memenuhi kebutuhan nasabah Bank Mandiri dan juga untuk memikat calon nasabahnya.

1. Simpanan

Info Produk - Produk Bank Mandiri : Simpanan, e-Banking dan Kartu Kredit

Produk Bank Mandiri Jenis simpanan di banyak sekali menawarkan berbagai macam jenis tabungan untuk kebutuhan keuangan anda. Selain kenyaman dalam menabung anda juga akan banyak mendapat keuntungan dari mandiri simpanan.

Mulai dari tersediannya Jaringan ATM dan cabang yang tersebar luas di seluruh Indonesia, Product Tabungan aman karena dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), dan Product Transaksi praktis dengan mandiri online.

Adapun produk-produk Bank Mandiri simpanan adalah sebagai berikut :

* Mandiri Tabungan Rencana Rupiah

Mandiri Tabungan Rencana ini membantu dalam pengelolaan keuangan dengan baik dan terencana. Ini bertujuan agar dapat mewujudkan apapun rencana nasabah kedepan.

 

* Mandiri Tabungan Bisnis Rupiah

Sebagai seorang pelaku bisnis tentu saja membutuhkan produk dan dukungan Bank yang menyediakan layanan yang cepat, mudah dan jaringan yang tersebar luas di Indonesia.

Untuk itu guna memenuhi kebutuhan tersebut Bank Mandiri mempersembahkan Mandiri Tabungan Bisnis Rupiah yang memberikan segala kemudahan dan kenyamanan.Sehingga transaksi Bisnis Anda Lebih mudah, cepat, Jelas dan Lengkap.

 

* Mandiri Tabungan TKI Rupiah

Bank Mandiri memiliki produk Mandiri Tabungan TKI Rupiah yang khusus diperuntukan bagi para TKI. Produk Mandiri Tabungan TKI ini dapat dimanfaatkan oleh para TKI dan keluarganya di Indonesia untuk mengirim uang dengan mudah, murah dan nyaman, karena Tabungan ini dalam mata uang rupiah.

 

* Mandiri Tabungan Rupiah

Tabungan Rupiah mandiri menawarkan kemudahan dan kenyamanan nasabahnya dalam hal bertransaksi. Dengan mendaftar sebagai nasabah Tabungan Rupiah Mandiri, sudah bisa merasakan berbagai keuntungan, Seperti kemudahan menabung Untuk kenyamanan hidup dalam mengelola keuangan.

 

* Mandiri Giro Rupiah

Tabungan Mandiri Giro Rupiah Simpanan dana pihak ketiga dalam Rupiah yang penarikannya. Dapat melakukan penarikan setiap saat dengan menggunakan cek, bilyet giro, sarana perintah pembayaran lainnya. Tentu saja semua harus sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan Bank Mandiri.

 

 

 

* Mandiri Tabungan Valas

Keuntungan lebih bisa di dapatkan dengan membuka tabungan valuta asing (valas). Karena akan mendapat kemudahan dan kenyamanan dalam hal bertransaksi menggunakan uang asing.

Bagi yang sering bertransaksi menggunkan dollar, Mandiri Tabungan Valas bisa menjadi pilihan yang dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan.

 

* Mandiri Giro Valas

Untuk pelaku usaha demi kemudahan dalam bertransaksi keluar negeri Mandiri Giro Valuta Asing bisa menjadi pilihan tepat. Dengan dukungan Terpercaya untuk usaha, Bank Mandiri menawarkan transaksi perbankan menguntungkan melalui Mandiri Giro valas.

Ini merupakan Simpanan dana pihak ketiga dalam bentuk Valuta Asing. Untuk penarikannya sendiri dapat di lakukan setiap saat dengan menggunakan LOA ( Letter Of Authorization ).

 

* Mandiri Deposito Rupiah

Bagi yang ingin menginvestasikan uang Mandiri Deposito Rupiah ini bisa menjadi pilihan investasi yang tepat, karena akan memberi keuntungan dan rasa aman. Produk Bank Mandiri Deposito Rupiah ini adalah simpanan berjangka.

Simpanan ini dalam bentuk mata uang Rupiah dengan bunga menarik dan juga akan mendapat beragam keuntungan lainnya dari tabungan ini.

 

* Mandiri Deposito Asing

Dengan memiliki tabungan deposito Voluta Asing (valas) anda akan menikmati berbagai pilihan jenis mata uang dan pembayaran bunga yang fleksibel.Mandiri Deposito Valas ini merupakan simpanan berjangka.

Dengan memiliki deposito jenis ini akan mendapatkan berbagai keuntungan. Deposito valas mandiri terdapat berbagai pilihan valuta asing yang bisa di manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan.

 

2. e-Banking

Info Produk - Produk Bank Mandiri : Simpanan, e-Banking dan Kartu Kredit

Mandiri e-banking bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam hal transaksi khususnya bagi nasabah Bank Mandiri. Dengan menggunakan produk dari bank mandiri jenis e-Banking Anda bisa bertransaksi dengan mudah kapan saja dan dimana saja.

Berikut Jenis-jenis produk Mandiri e-Banking yang ditawarkan yang bisa digunakan nasabahnya:

* Kartu Mandiri E-Money

Mandiri e-money adalah sebuah kartu nirsentuh yang dikeluarkan bank mandiri dalam 3 (tiga) pilihan kartu. Semua itu demi untuk kemudahan anda dalam bertransaksi harian.

Seperti untuk pembayaran Tol, Pembayaran parkir, Pembayaran kereta, Pembayaran Transjakarta,Pembayaran di SPBU Pertamina berlogo e-money dan transaksi harian lainnya.

Sehingga dengan memiliki Mandiri e-money Transaksi Anda menjadi lebih mudah dan praktis, tidak perlu membawa uang tunai untuk berpergian.

 

* Mandiri ATM

Mandiri ATM dapat anda digunakan oleh seluruh kartu Mandiri Debit untuk semua layanan transaksi.Kartu Kredit Mandiri Visa dan Master bisa anda gunakan untuk tarik tunai dan inquiry tagihan

 

* Mandiri Debit

Beberapa pilihan kartu ATM bank Mandiri (Mandiri Debit), yaitu Silver, Gold, dan Platinum/Premium. Dalam hal ini tentu saja setiap kartu ATM mandiri memiliki kelebihan masing -masing sesuai produk tabungan yang di pilih.

Fungsinya sebagai alat bertransaksi di mesin ATM, di toko/ merchant (mesin EDC), di merchant/website online/eCommerce dan di seluruh Cabang Bank Mandiri.

 

* Mandiri Prabayar (e-Money)

Layanan E-Channel / E-Banking (Mandiri e-money), anda bisa menikmati kemudahan dan kenyamanan hidup dalam bertransaksi harian Anda.

Dengan memiliki Mandiri e-money transaksi Anda menjadi lebih mudah dan praktis. Jadi tidak perlu lagi membawa uang tunai dan direpotkan oleh uang kembalian.

 

* Mandiri SMS

Menggunakan layanan mandiri SMS hanya perlu Ketik SMS atau Pilih Menu Dengan mengetikkan kode transaksi yang dibutuhkan, sudah bisa menerima jawaban apa yang di butuhkan dalam bentuk SMS.

Transaksi menggunakan mandiri SMS juga dapat dilakukan dengan SIM Microbrowser Mobile Banking yang bisa tersedia di ponsel.

 

* Mandiri Call 14000 atau (021) 5299-7777

Dengan layanan Mandiri call ini bank Mandiri memberikan kemudahan bagi para nasabah dengan membuka Layanan 1×24 Jam.Layanan 24 Jam Bank Mandiri (mandiri call) didukung sistem yang bisa diakses oleh nasabah kapan saja.

Layanan mandiri call meliputi Mandiri ATM, Mandiri SMS, Mandiri Call, Mandiri Mobile, Mandiri Internet, dan Mandiri Internet Bisnis.

 

* Mandiri Internet Banking

Bagi nasabah Bank Mandiri bisa mendapatkan kemudahan dalam bertransaksi finansial dengan menggunakan layanan internet Banking.

Hanya perlu daftar untuk memiliki akun internet banking, dan bisa rasakan berbagai kemudahan dalam bertransaksi.

 

 

* Mandiri Mobile

Mandiri Online merupakan layanan integrasi dari mandiri Internet dan mandiri Mobile yang tampil dengan wajah baru.

Ini dihadirkan guna untuk menghadirkan kenyamanan serta kemudahan lebih nasabah dalam memperoleh informasi dan melakukan aktivitas transaksi keuangan.

 

* Mandiri Mobile iPhone

Layanan transaksi menggunakan Aplikasi Mandiri Mobile iPhone ini Akan memberikan kemudahan bagi nasabah dalam hal melakukan berbagai transaksi dengan hanya menggunakan perangkat iPhone. Tersedianya tampilan menu yang jelas dan menarik sehingga lebih mudah digunakan.

 

* Mandiri Mobile Android

Layanan transaksi menggunakan Aplikasi Mandiri Mobile Android ini Akan memberikan kemudahan bagi nasabah dalam hal melakukan berbagai transaksi dengan hanya menggunakan hp Android.

 

* Mandiri Mobile BlackBerry

Layanan transaksi menggunakan Mandiri Mobile BlackBerry ini Akan memberikan kemudahan bagi nasabah dalam hal melakukan berbagai transaksi dengan hanya menggunakan hp BlackBerry.

 

* Mandiri e-Cash

Mandiri e-cash adalah uang elektronik berbasis server yang memanfaatkan teknologi aplikasi di handphone dan USSD, atau yang disebut sebagai uang tunai di handphone. Dimana memungkinkan nasabah pemegangnya bisa melakukan transaksi perbankan tanpa harus melakukan pembukaan rekening terlebih dahulu ke cabang Bank Mandiri.

 

3. Kartu Kredit

Info Produk - Produk Bank Mandiri : Simpanan, e-Banking dan Kartu Kredit

Kartu kredit saat ini memang sudah menjadi kebutuhan sebagian besar masyarakat. Dengan Peluang ini Bank Mandiri tak ingin menyia-nyiakan dan mengeluarkan produk jenis kartu kredit. Mandiri Kartu kredit terdiri dari berbagai tipe yang bisa dipilih.

Jadi Nasabah tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan yang diinginkan. Adapun beberapa jenis kartu kredit Mandi adalah sebagai berikut:

 

* Mandiri MasterCard

Kartu kredit Mandiri MasterCar adalah salah satu jenis produk kartu kredit yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri. Kartu ini bisa di gunakan untuk menunjakan kegiatan sehari-hari, seperti untuk berbelanja, dan keprluan lainnya.

Selain itu juga akan mendapatkan keuntungan lainnya dengan ketentuan dari pihak bank mandiri tentunya.

 

* Feng Shui Card Platinum

Mandiri Feng Shui Card merupakan kartu kredit platinum, kartu ini didesain menggunakan tema berkaitan dengan Feng Shui, dan merupakan produk perbankan dari Mandiri bekerjasama dengan MasterCard.

MasterCard Worldwide merupakan institusi keuangan yang memiliki peran penting dalam memajukan perdagangan global. MasterCard Worldwide ini menyediakan jaringan ekonomi antara institusi keuangan, bisnis, pemegang kartu dan merchant di seluruh dunia.

 

* Visa Platinum Golf Card

Bagi orang yang pencinta golf, menggunakan kartu kredit Visa Platinum Golf Card merupakan keuntungan tersendiri karena anda bisa menggabungkan hobi Anda dengan benefit yang diberikan kartu kredit Bank Mandiri.

Tak hanya itu, produk Visa Platinum Golf Card ini juga memberikan fasilitas Airport Lounge, asuransi perjalanan, dan tentunya cicilan 0% ketika membeli peralatan elektronik bersama Mandiri Power Buy.

 

* Visa Platinum Card

Kartu Kredit Mandiri Platinum Card adalah jenis produk bank Bank Mandiri yang bekerjasama dengan Visa dan visa merupakan institusi keuangan yang berperan penting dalam memudahkan perdagangan global.

Dengan menyediakan jaringan ekonomi antara institusi keuangan, bisnis, pemegang kartu dan merchant di seluruh dunia. Sehingga anda akan mendapatkan kemudahan untuk berbelanja dimana saja dieluruh dunia yang ada jarisagan visa.

 

* Mandiri Visa

Jenis produk bank Bank Mandiri yang bekerjasama dengan Visa, yang merupakan institusi keuangan yang berperan penting dalam memudahkan perdagangan global yang berlaku di seluruh dunia.

 

* Skyz Card Titanium

Mandiri Skyz atau Skyz Card sangat cocok untuk yang suka dengan perjalan, karena kartu kredit ini akan memberikan berbagai keistimewaan dan penawaran eksklusif yang membuat perjalanan makin nyaman sekaligus hemat.

Sehingga akan mudah dan tidak perlu lagi membawa banyakuang tunai dalam setiap perjalanan yang anda lakukan.

 

* Golf Card

Bagi para pecinta golf untuk mendapatkan kemudahan dalam setiap transaksi kartu kredit jenis ini sangat cocok digunakan. Karena akan memberikan kemudahan dan keuntungan dalam semua transaksi.

Jenis Kartu Kredit Mandiri Golf Card ini hadir dengan kombinasi sempurna. Dan akan mendapatkan berbagai penawaran spesial terutama bagi para penghobi golf dan, fasilitas dan layanan perbankan terbaik dari Bank Mandiri.

 

* Gold Card

Mandiri Gold Card janis kartu kredit yang memberikan limit kredit lebih untuk memenuhi transaksi sehari-hari. Promo dan program cicilan yang ditawarkan juga variatif dan luas.

Semua transaksi sehari – hari akan menjadi semakin mudah dan menguntungkan dengan menggunakan kartu kredit jenis ini.

 

* Silver Card

Kartu kredit jenis Mandiri Silver merupakan jenis kartu kredit yang cocok untuk kebutuhan sehari-hari. Bisa digunakan untuk keperluan membayar berbagai pengeluaran bulanan seperti tagihan air, listrik, pulsa, dan lain sebagainya.

Selain berbagai fasilitas dan kemudahan untuk melakukan berbagai transaksi, kartu kredit jenis mandiri silver juga memberikan aneka power poin yang dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik.

 

* Everyday Card

Kartu Kredit Mandiri Everyday Card memberi keleluasaan bagi nasabah untuk memilih desain kartu sesuai selera. Karena kartu kredit ini terdapat banyak sekali pilihan desainnya.

Selain itu dengan memiliki kartu ini juga akan mendapatkan banyak keuntungan dalam transaksi setiap harinya dengan deretan diskon di supermarket, restoran, dan banyak lagi lainnya.

 

* Kartu Hypermart Gold

Kartu kredit Mandiri Hypermart merupakan kartu kredit yang memberikan banyak kemudahan dalam berbelanja di Hypermart.

Selain sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan dalam bertransaksi sehari-hari, kartu kredit ini juga sangat nyaman digunakan untuk berbelanja berbagai kebutuhan sehari-hari.

 

* Platinum Corporate Card

Mandiri Corporate Visa Platinum ini merupakan Kartu kredit berguna untuk memenuhi kebutuhan transaksi bisnis untuk perjalanan pegawai perusahaan dan menyediakan kemudahaan untuk mengontrol pengeluaran.

 

* Corporate Card

Memiliki produk Kartu Kredit Mandiri Corporate Card akan mendapatkan berbagai fitur utama yang menarik seperti:Premium Corporate Control, First Class Travelling Program, dan Reward Point Mandiri.Selain itu anda juga akan dapat menikmati berbagai fasilitas yang disediakan oleh Mandiri co

D.        Rencana Dan Strategi Bank Mandiri

 Kedua, mengembangkan kompetensi inti kedua, dengan tumbuh secara agresif dan sehat di segmen ritel. Langkah kedua ini antara lain dengan memberikan kredit berbasis payroll, mortgage, pinjaman kendaraan, dan consumer loan lainnya.

Ketiga, meningkatkan sinergi dengan perusahaan anak dan meningkatkan produktivitas jaringan distribusinya, untuk menjadi one stop financial services provider yang handal.

 

BAB III

PENUTUP

 

A.    Kesimpulan

Bank Mandiri merupakan bank umum yang ada di Indonesia , bank mandiri ini seperti halnya bank yang lainnya . Tetapi yang membuat bank Mandiri ini berbeda adalah layanan dan fasilitas yang diberikan kepada pelangganya . Bank mandiri mengutamakan good service terhadap konsumen. Beberapa layanan bank mandiri mampu memberikan manfaat yang baik dan berguna bagi masyarakat yang membutuhkan uang . contohnya menerima kredit usaha rakyat kecil dan tidak memberikan bunga yang tinggi . Beberapa fasilitas yang canggih memudahkan konsumen untuk melakukan transaksi . Bank mandiri mempunyai teknologi yang mudah untuk dilakukan konsumen

Terhadap layanan bank mandiri ini banyak manfaat yang diberikan ,mulai rakyat kecil hingga para pengusaha bisnis besar . Bank mandiri ini tidak hanya memberikan layanan di dalam Indonesia , tetapi di luar negeri pun kita masih bisa melakukan transaksi atau menggunakan layanan yang kita butuhkan.Mudah mendapatkan mata uang asing yang kita butuhkan . Suku bunga Mandiri Deposito Valuta Asing yang kompetitif menjadikan investasi lebih cepat berkembang.


DAFTAR PUSTAKA

https://tipsserbaserbi.blogspot.com/2014/09/contoh-kata-pengantar-makalah.html

https://www.academia.edu/32225502/Makalah_bank_mandiri

https://tanjungpinanginformatika01.blogspot.com/2017/05/contoh-makalah-tentang-bank-mandiri.html

https://www.bankmandiri.co.id/struktur-organisasi

https://www.zonkeu.com/info-produk-produk-bank-mandiri/

https://swa.co.id/swa/trends/bank-mandiri-konsisten-jalankan-tiga-strategi-utama

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama