1.
Menurut
anda bagaimana anda mendiskripsikan era new normal agar tetap kreatif dan
produktif? Kreatifitas apasajakah yang telah anda lakukan?. Dukungan dari mana
saja yang di peroleh? Jelaskan bentuk dukungannya?
·
Era New Normal dengan tetap menerapkan sesuai
protocol jaga jarak, cuci tangan dll, agar tetap kreatif dan produktif yaitu
dengan cara contoh tindakan kreatif yaitu memanfaatkan waktu untuk bisnis
online bisa menggunakan system dropshipper dan contoh untuk tindakan produktif
yaitu memanfaatkan waktu untuk senam/olah raga di rumah dengan melihat panduan
dari youtub atau ingin menambah wawasan dengan menonton channel TED di youtub
dlll.
·
Kreatifitas yang saya lakukan mencoba
berjualan online dan mempelajari bagaiman system yang menguntungkan untuk berjualan
online, supaya tetap mendapatkan penghasilan sampingan, walaupun belum saya
terapkan secara sepenuhnya namun saya sudah start dan sekkarang masih
pembelajaran bagaiman langkah yang akan diambil berikutnya.
·
Dukungan dari teman, bentuk dukungannya yaitu
motivasi dan realitas kenyatan kehidupan, bahwa kita harus keras terhadap dunia
supaya dunia lunak terhadap kita
2.
Buat
contoh ide kreatifitas anda yang bernilai ekonomi saat Era New Normal. Jelaskan
analisis sederhana tentang kelayakn ide tersebut.
·
Contoh ide kreatif saat Era New Normal yaitu Membuat minuman
penambah imunitas tubuh yang berasal dari empon-empon asli nusantara yang
diformulasikan sesuai kebutuhan kemudian di jual secara online.
·
Analisis sederhana menetukan siapa saja
target pasarnya yaitu bisa semua orang. Bagaimana system pemesanan bisa secara
online dan dengan barang langsung dikirimkan kerumah konsumen. Apa saja
kekurangan dari produk tersebut bisa seperti tahan berapa hari atau tidak boleh
di taruh pada ruangan yang terkena sinar matahari langsung.
3.
Apakah
kreatifitas memiliki hubungan dengan attitude? Jelaskan. Menurut anda attitude
apa yang terpenting dalam kreatifitas? Mengapa?
Ya,
kreatifitas memiliki hubungan dengan attitude. Menurut saya attitude yang
penting dalam kreatifitas Menghargai waktu dan menerima kritik.
·
Dengan menghargai waktu kita dapat lebih
produktif untuk menghasilkan suatu kreatifitas, jadi membuat jadwal kapan
target kreatifitas harus diselesaikan, kapan kreatifitas harus diproduksi dan
kapan kreatifitas harus di promosikan.
·
Kemudian kreatifitas yang berhubungan
dengan menerima kritik yaitu kita harus menerima kritik dari orang lain supaya
terciptanya kreatifitas lebih baik lagi dalam segi bahan yang digunakan, cara
penggunaan dan manfaat penggunaan bagi para pengguna.
4.
Saat
ini banyak bermunculan industry kreatif. Jelaskan. Berikan contoh industry
kreatif? Jelaskna modal yang harus dimiliki agar industry kreatif tersebut
dapat kompetitif.
·
Contoh industry kreatif yaitu jasa
pengiriman sayuran dan buah-buahan. Dulu jasa pengiriman hanya untuk pengiriman
ksusus barang dan dari jarak jauh saja. Akibat penerapan hidup di Era New
Normal, saat ini pedagang sayur dan buah-buahan dalam skala kecil mengikuti
perkembangan zaman di era digital bisa pesan secara online dan di antarkan
kerumah, sehinggga juga bisa menerapkan jaga jarak.
·
Modal yang dimiliki industry kreatif agar
dapat kompetitif yaitu dengan cara memperbaiki sestemnya. Di era sekarang yang
serba digital memmudahkan seseorang mencari informasi atau memesan barang dari
rumah menggunakan HP jadi para pedagang sayur dan buah-buahan memperbarui sistem
supaya bisa pesan dari rumah menggunakan HP dan di antarkan kerumah pesanannya.
Sistem tersebut juga dapat memajukan pedagang tradisonal supaya bisa terus
kompetitif mengikuti era perkembangan zaman.
5.
Berikan
contoh pemecahan masalah kreatif untuk meningkatkan perekonomian yang mengalami
penurunan akibat pandemi covid-19. Bisnis apa saja menjadi peluang usaha pada masa
pandemi ini? Jelaskan, selain bisnis kesehatan.
Bisnis
yang menjadi peluang usaha adalah bisnis kuliner yang menyehatkan pada masa
pandemi ini adalah, membuat minuman sehat seperti infuse water dan makanan
sehat seperti real food dan clean food. Tidak harus perlu ada toko untuk
menjualnya, jadi kita dapat membuat contoh makanan di rumah kemudian di
iklankan melalui sosmed, dan pemesanan juga melalui sosmed kemudian makanan dan minuman siap di antar ke para
konsumen. Pembuatan juga dilakukan Pree Oreder (PO) supaya makanan dan minuman
tidak terbuang sia-sia.