BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Di Indonesia terdapat berbagai industry salah satu nya
makanan pokok dan makanan ringan. TPSF sebagai perusahaan yang bergerak di
bidang food related businesses mampu menangkap peluang pasar dengan baik.
Berbagai Inisiatif strategis dilakukan guna mencapai tujuan perusahaan untuk
menjadi sebuah perusahaan berwawasan nasional yang membangun Indonesia,
bereputasi dan berkontribusi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mengingat
persaingan yang semakin ketat dalam dunia usaha saat ini dan terjadinya krisis
ekonomi yang berkepanjangan, tentunya setiap perusahaan memikirkan bagaimana
cara memenangkan persaingan melalui berbagai bauran promosi yang tepat bagi
setiap produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Hal ini membuat semakin banyak
perusahaan yang terlibat langsung dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan
konsumen, menyebabkan setiap perusahaan harus merancang promosi yang tetap
dengan biaya yang se-minimum mungkin dan dapat terjangkau oleh masyarakat
sehingga dapat memperoleh volume penjualan yang diinginkan sebagai salah satu
tujuan perusahaan.
Dengan persaingan yang sangat ketat di industri ini
kinerja organisasi Tiga Pilar Sejahtera Food, Tbk menjadi satu hal yang sangat
penting. Ditambah lagi di industri ini inovasi dan perubahan berjalan sangat
cepat sehingga pembelajaran jika tidak dilakukan maka perusahaan akan
kehilangan daya saing sehingga mempengaruhi kinerjanya.
Strategi pemasaran terdiri dari pengambilan keputusan
tentang biaya pemasaran dari perusahaan, bauran pemasaran, dan alokasi
pemasaran. Strategi pemasaran dapat dinyatakan sebagai dasar tindakan yang
mengarah pada kegiatan atau usaha pemasaran, dari suatu perusahaan, dalam
kondisi persaingan dan lingkungan yang selalu berubah agar dapat mencapai
tujuan yang diharapkan. Pemasaran digital adalah suatu usaha untuk
mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat
menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.Telah banyak
teknologi yang mempengaruhi pemasaran suatu produk, karena dengan perkembangan
jaman yang modern ini sangatlah membutuhkan teknologi yang canggih agar dapat
memproduksi barang banyak dengan waktu yang singkat dan lebih meningkat lagi
kegiatan pemasarannya.
B. Rumusan
Masalah
1.
Bagaimana
analisa situasi pemasaran “PT. Tiga Pilar Sejahtera Food” dengan SWOT analysis?
2.
Bagaimana
analisa marketing mix pada digital marketing “PT. Tiga Pilar Sejahtera Food”?
3. Bagaimana perkembangan strategi digital
marketing pada “PT. Tiga Pilar Sejahtera Food”?
C. Tujuan
1.
Untuk
mengetahui bagaimana analisa situasi pemasaran “PT. Tiga Pilar Sejahtera Food”
dengan SWOT analysis?
2.
Untuk
mengetahui bagaimana analisa marketing mix pada digital marketing “PT. Tiga
Pilar Sejahtera Food”?
3.
Untuk
mengetahui bagaiman perkembangan strategi digital marketing pada “PT. Tiga
Pilar Sejahtera Food”?
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Analisa
SWOT PT. Tiga Pilar Sejahtera Food
1.
Strength (Kekuatan)
a.
Pengalaman di industri mie sejak tahun 1996
b.
Memiliki jaringan distribusi yang luas
c.
Memiliki kapasitas distribusi yang cukup besar untuk mengkoordiner
pertumbuhan penjualan
2.
Weakness (Kelemahan)
a.
Ketergantungan yang cukup besar terhadap satu jenis bahan baku
b.
Beberapa produk belum banyak dikenal masyarakat
3.
Opportunitues (Peluang)
a.
Potensi peningkatan pangsa pasar produk mie kering dan bihun kering
b.
Peningkatan pangsa pasar pada produk mie kering terkait dengan tingginya
minat konsumsi mie di masyarakat
c.
Berpotensi memperoleh peningkatan pendapatan yang signifikan dimasa
mendatang
4.
Threats (Ancaman)
Kenaikan harga bahan baku sehingga meningkatkan harga
produk perusahaan sementara terdapat keterbatasan daya beli konsumen kalangan
menegah kebawah
B. Analisa
Marketing Mix dari PT. Tiga Pilar Sejahtera Food
1.
Product
PT. Tiga Pilar Sejahtera Food berkomitmen untuk
menghasilkan produk berkualitas tinggi. TPS Food merupakan salah satu divisi
usaha dari perusahaan yang memproduksi makanan olahan seperti Pangan Pokok dan
Pangan Konsumen. TPS Food menghasilkan produk berupa makanan ringan ekstrusi,
mie bihun dan mie jajanan untuk Taro dan Mie Kremez. Produk tersebut
ditargetkan untuk segala kalangan masyarakat.
2.
Price
PT. Tiga Pilar Sejahtera Food menghasilkan berbagai
macam produk Pokok Pangan dan Pangan Konsumen. Harga dari setiap produk
bervariasi yang telah disesuaikan dengan kualitas produk. Produk yang
dipasarkan memiliki harga terjangkau bagi semua kalangan masyarakat.
3.
Place
PT. Tiga Pilar Sejahtera Food berkantor pusat di
Jakarta. TPS food menjual produknya pada outlet ritel aktif seperti indomart
dan alfamart. Pemasaran dari TPS Food melalui 74 group distributor di 171
kota di seluruh Indonesia pada 2016.
4.
Promotion
Inovasi dari Promotion TPS Food diimplementasikan
dengan meluncurkan Mitra Usaha Maknyuss (MUM) dan salesman exclusive yang
khusus menjual produk focused market tertentu.
5.
Physical
evidence
Keunggulan dari produk TPS food yaitu cita rasa yang
khas dan sedikit berbeda dari produk lain yang sejenis, serts lokasi usaha yang
strategis mudah untuk dijangkau konsumen. Selain itu, PT Tiga Pilar Sejahtera
tbk secara konsisten melakukan promosi melalui media brosur atau konten media
sosial yang sesuai dengan citra dan nilai perusahaan tersebut. Salah satunya
adalah TPS Food menyelenggarakan kegiatan below the line melalui produk
unggulannya yaitu seperti Taro Rangers, Taro Award 2016, Kampanye. Perusahaan
juga telah merumuskan dan mengimplementasikan berbagai promosi dan iklan guna
meningkatkan penetrasi produk. Perusahaan memiliki 2 program promosi yaitu
trade promo dan customer promo.
6.
People
Dalam usaha ini partisipan atau people yang terkait di
dalamnya yaitu orang-orang yang terampil dan disiplin di bidangnya. Menurut
upperline.id, di tahun 2018 PT Tiga Pilar Sejahtera memperkerjakan 4.942
karyawan yang terdiri dari karyawan tetap, karyawan kontrak dan outsourcing
sebagai sumber daya manusianya. Proses rekrutmen dan seleksi karyawan sangat
memperhatikan keunggulan sumber daya manusianya. Pada proses rekrutmen,
Departemen SDM bekerja sama dengan departemen lain untuk mencari tenaga kerja
sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan, sedangkan pada proses seleksi
dilakukan penyaringan melalui wawancara, tes, dan menyelami latar belakang
pelamar.
7.
Process
Dalam melakukan pelayanan pada pelanggan, TPS food
sangat memperhatikan process yang ada di dalam interaksi penjualan dan
pembelian pada produknya. Contohnya, TPS food siap menerima saran jika ada
keluhan dari pelanggan. Proses jual beli produk yang dilakukan PT Tiga Pilar
Sejahter tbk sangat mudah. Pelanggan bisa mendapatkan produk PT Tiga Pilar
Sejahtera tbk langsung yang tersebar di supermarket, minimarket, dan warung
warung terdekat. Produk PT Tiga Pilar Sejahtera tbk ini juga sudah menjangkau
jaringan pemasaran ekspor
C. Analisis
Strategi Pemasaran Digital Marketing PT. Tiga Pilar Sejahtera Food
Pemasaran digital yang dilakukan oleh PT. Tiga Pilar
Sejahtera Food di antaranya adalah menggunakan media sosial yang akrab digeluti
oleh para milenial dan masyarakat kota. Media sosial itu adalah televisi,
website, facebook, twitter, dan jejaring sosial lainnya. Dengan cara ini,
pasar-pasar digital yang bersifat maya kian meluas dan menjangkau ke
sudut-sudut dunia hampir tanpa mengenal batas. Imbas modernisasi di segala
bidang, pemasaran digital telah menjadi pilihan yang tepat yang diambil PT.
Tiga Pilar Sejahtera Food.
Dalam pengembangan dan pemasaran dan penjualan
produk-produknya, PT. Tiga Pilar Sejahtera memperkuat brand image dan membangun
loyalitas konsumen melalui aktivitas below the line dan program above the line
yang dilakukan melalui media televisi dan digital (untuk produk Taro, Mie
Kremezz dan Bihunku).
TPS Food meyakini komunikasi pemasaran yang mengusung
nilai petualangan sebagai brand proposition Taro yang cukup unik dan menarik
perhatian konsumen jika dibandingkan dengan produk sejenis di industri makanan
ringan.
Nilai-nilai petualangan itu diimplementasikan pada
program pemasaran bertajuk Taro Rangers yang divisualisasikan di platform
konvensional dan digital. Aktivitas komunikasi above the line-nya
direalisasikan di program televisi Taro Rangers dan beriklan di layar kaca.
Untuk aktivitas below the line, diadakan Taro Rangers Camp dan Taro Rangers Go
to School secara reguler, untuk menyebarluaskan pesan Taro Rangers, yaitu
tangguh, cerdik, dan peduli kepada konsumen.
Pada 2016, program Taro Rangers Camp disiarkan melalui
media televisi dan kanal Youtube sebanyak 14 episode. Dukungan media sosial dan
pemasaran digital dilakukan guna memperkuat dampak yang timbul setelah program
ini dilaksanakan. Tanda pagar #AnakTangguhIndonesia sempat menjadi trending
topic dan mendapat apresiasi yang positif dari para alumni Taro Rangers Camp
2015. Program Aksi Tangguh Taro Rangers dapat disaksikan melalui kanal
youtube.taro.id, www.taro.id, dan facebook.taro.id.
Pada masa pandemi Covid-19, kreativitas dan inovasi
Taro tidak langsung berhenti. Sebaliknya, TPS Food pada Mei 2020 merilis video
serial Taro Rangers untuk mengampanyekan #DiRumahAja. “Kampanye Taro Rangers
#DiRumahAja di YouTube dan Instagram ini menayangkan konten kreatif yang
mengedukasi anak-anak Indonesia untuk melakukan aksi-aksi do it yourself dengan
benda di sekitar rumah agar tetap tangguh, cerdik, dan peduli di masa pandemic.
Di era digital ini, Taro lebih fokus untuk membangun relationship dan engagement
konsumen melalui aktivitas Taro di social media.
Strategi tersebut dibarengi dengan penambahan kanal
penjualan Taro di e-commerce. Di tahun 2020, Taro mulai memasuki e-commerce,
bekerjasama dengan FKS Mart yang memiliki official store di beberapa toko
onlinet. Beragam inovasi produk, kemasan, dan pemasaran itu bertujuan
memperkokoh pangsa pasar Taro di industri makanan ringan yang nilai pasarnya
diestimasikan senilai Rp 10 triliun di tahun 2020.
BAB
III
KESIMPULAN
Setelah menganilisa PT Tiga
Pilar Sejahtera Food dalam segi SWOT, mix maketing, dan digital marketing dapat
disimpulkan bahwa:
1.
PT.
Tiga Pilar Sejahtera Food masih memiliki kelemahan dan ancaman dalam usahanya
walaupun sudah beroperasi lama.
2.
Mix
marketing dari PT. Tiga Pilar Sejahtera memberikan informasi mengenai universal
pemasaran yang sudah dilaksanakan secara umum.
3.
PT.
Tiga Pilar Sejahtera Food dalam usahanya juga menggunakan digital marketing
supaya dapat menjangkau lebih luas. Digital marketing yang dilakukan TPS Food
melalui televisi dan media sosial.
DAFTAR PUSTAKA
https://www.maxmanroe.com/vid/marketing/pengertian-strategi-pemasaran.html
https://glints.com/id/lowongan/7p-marketing-mix-bauran-pemasaran/#.X4JLujkxWyW
https://karinov.co.id/pengertian-bauran-pemasaran-7p/
https://tpsfood.id/our-company-en/about-us/