1. Buatlah
suatu strategi dalam mencapai kepuasan pelanggan dari konsep dan strategi yang
sudah di pelajari.
a.
Menyeimbangkan
isi dan harga produk
b.
Menciptakan
inovasi produk baru
c.
Menggunakan
alternatif bahan baku lainnya
2. Lalu jelaskan mengenai bagaimana penerapan untuk mencapai kepuasan tersebut. Penerapan untuk mencapai kepuasan
a.
Adanya
kenaikan harga bahan baku menyebabkan harga produk meningkat sehingga produk
dari TPS food lebih mahal dari produk
sejenis PT lainnya. Sementara itu terdapat keterbatasan
daya beli konsumen kalangan menengah kebawah. Untuk mencapai kepuasaan pelanggan TPS food sebaiknya menginovasi dengan
cara mengurangi netto
dan menyesuaikan kemasan dari produk tersebut, namun tidak
mengurangi kualitas produk sehingga produk bisa dipasarkan sesuai dengan harga
pasar saat ini.
b.
Perusahaan
menciptakan produk baru yang masih terkait dengan produk yang ada saat ini dan
memiliki keterkaitan dalam kesamaan teknologi, pemanfaatan fasilitas yang sama,
ataupun jaringan pemasaran yang sama.
c.
Perusahaan
menciptakan produk baru dengan inovasi baru yang sesuai dengan selera pasar dan konsumen, agar tidak terlalu
bergantung oleh bahan baku utama.
Dengan mengunakan kualifikasi:
1. Memiliki varian rasa yang beraneka ragam
2. Harga
terjangkau sesuai dengan varian rasa produk
3. Produk
berbentuk sangat minimalis, sehingga nyaman untuk dibawa kemana-mana
3.
Kemudian
bagaimana pengukuran kepuasannya (misal menggunakan skala kepuasan, angka, dsb)
a.
Menggunakan sistem saran
dan kritik dari para konsumen melalui layanan hotline
b.
Melakukan survey dengan
wawancara acak untuk menanyakan kepuasan
terhadap produk dan pelayanan
c.
Pengukuran melalui kuisoner online
dengan pertanyaan seberapa puas konsumen dengan produk dan pelayanan dari TPS Food. pada skala
berikut : kurang puas, puas, dan sangat puas