ANALISIS “STRATEGI KEPUASAN KONSUMEN PADA PT TIGA PILAR SEJAHTERA FOOD"


1.      Buatlah suatu strategi dalam mencapai kepuasan pelanggan dari konsep dan strategi yang sudah di pelajari.

a.       Menyeimbangkan isi dan harga produk

b.      Menciptakan inovasi produk baru

c.       Menggunakan alternatif bahan baku lainnya

 

2.      Lalu jelaskan mengenai bagaimana penerapan untuk mencapai kepuasan tersebut. Penerapan untuk mencapai kepuasan

 

a.       Adanya kenaikan harga bahan baku menyebabkan harga produk meningkat sehingga produk dari TPS food lebih mahal dari produk sejenis PT lainnya. Sementara itu terdapat keterbatasan daya beli konsumen kalangan menengah kebawah. Untuk mencapai kepuasaan pelanggan TPS food sebaiknya menginovasi dengan cara mengurangi netto dan menyesuaikan kemasan dari produk tersebut, namun tidak mengurangi kualitas produk sehingga produk bisa dipasarkan sesuai dengan harga pasar saat ini.

b.      Perusahaan menciptakan produk baru yang masih terkait dengan produk yang ada saat ini dan memiliki keterkaitan dalam kesamaan teknologi, pemanfaatan fasilitas yang sama, ataupun jaringan pemasaran yang sama.

c.       Perusahaan menciptakan produk baru dengan inovasi baru yang sesuai dengan selera pasar dan konsumen, agar tidak terlalu bergantung oleh bahan baku utama.

Dengan mengunakan kualifikasi:

1. Memiliki varian rasa yang beraneka ragam

2. Harga terjangkau sesuai dengan varian rasa produk

3. Produk berbentuk sangat minimalis, sehingga nyaman untuk dibawa kemana-mana

 

3.      Kemudian bagaimana pengukuran kepuasannya (misal menggunakan skala kepuasan, angka, dsb)

a.       Menggunakan sistem saran dan kritik dari para konsumen melalui layanan hotline

b.      Melakukan survey dengan wawancara acak untuk menanyakan kepuasan terhadap produk dan pelayanan

c.       Pengukuran melalui kuisoner online dengan pertanyaan seberapa puas konsumen dengan produk dan pelayanan dari TPS Food. pada skala berikut : kurang puas, puas, dan sangat puas


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama