Resume Bisnis
Judul : Keripik Pisang Rasa Cokelat
Nama
: Holmes Keripik
Fungsi
: Camilan keripik yang digemari semua
kalangan masyarakat
Bahan
dasar : Pisang
Deskripsi
Indonesia
adalah salah satu negara yang memiliki jumlah masyarakat terbanyak di dunia.
Masyarakat di Indonesia termasuk masyarakat consumer atau sering membeli untuk
mencoba-coba suatu camilan untuk mengetahui rasa dari camilan tersebut dan
keripik salah satu camilan yang di digemari berbagai kalangan masyarakat, oleh
karena itu saya melihat peluang pasar di daerah saya karena belum ada orang
yang menjual keripik seperti produksi dari holmes keripik ini.
Keripik
pisang produksi dari Holmes Keripik ini memiliki teksture yang renyah, rasa
cokelat yang manis karena menggunakan kualitas bumbu tabur yang bagus, memiliki
masa penyimpanan 2 bulan setelah di jual dan ukuran 200-250gr dengan kisaran
harga Rp 12.000 – Rp 15.000.
Internal Environment
Resource
Bahan
baku yang digunakan untuk produksi holmes keripik ini adalah pisang. Ada
berbagai macam jenis pisang namun yang diutamakan adalah pisang tanduk, kepok
dan raja nangka, untuk harga komoditi jenis pisang tersebut di klaten harganya
standar namun jika dibandingkan di lampung lebih murah di lampung. Keripik ini
memiliki varian rasa coklat jika keripik ini berkembang pesat maka akan di
tambah varian rasa seperti mocca, matcha, durian, vanilla dan lainnya.
Capability
Bisnis
plan ini adalah pertamakali saya memulai suatu usaha jadi untuk saat ini saya
menjalankan usaha ini sendiri mulai dari beli pisang kepasar, pengolahan
keripik, pengemasan dan pemasaran secara langsung ke toko maupun pemasaran
secara online melalui media sosial.
Core Competences
Keutamaan dari produksi holmes keripik yaitu pengolahan higinies, teksture keripik yang renyah, menggunakan bumbu tabur good grade dan harganya yang terjangkau bagi semua kalangan masyarakat.
External Environment (Five-porter Model)
Threat of New Entries
Untuk mengantisipasi adanya persaingan di masa mendatang Holmes Keripik akan memberikan ciri khas pada produk yang dihasilkan yaitu pada teksture keripik yang renyah dan kualitas bumbu yang bagus dengan rasa yang nikmat, sehingga para konsumen akan terus menetap pada keripik dari produksi Holmes Keripik. Selain itu, Holmes Keripik akan berusaha membangun jaringan distribusi lebih luas secara offline maupun online.
Threat of Subtitute Products
Produk
keripik pisang cokelat memiliki persaingan yang begitu banyak jika di cek
melalui toko online, adanya dari beberapa daerah yang lebih dahulu menjual
produk ini. Dalam mengantisipasi persaingan ini maka difokuskan dalam pemasaran
secara offline karena di daerah pembuat Holmes Keripik belum adanya produk yang sama, dengan
disertai pemasaran secara online melalui sosial media supaya produk dari Holmes
Keripik lebih dikenal banyak masyarakat dari berbagai daerah.
Bergaining Power of Customers
Strategi
untuk menjaga loyalitas pelanggan, maka Holmes Keripik akan menerapkan:
·
pelayanan yang cepat dan ramah
·
Kualitas Produk yang good grade
·
Pengemasan pengiriman produk yang aman
ketika ada pembelian secara online
·
Harga yang terjangkau bagi semua kalangan
masyarakat
Bergaining Power of Suppliers
Bahan
baku dari Keripik Pisang Cokelat ini adalah pisang, dengan jenis pisang
tanduk/kepok/raja nangka jenis pisang tersebut didaerah saya harganya kadang
meningkat dan kadang sulit ditemui di waktu tertentu, oleh karena itu mengambil
alternatif untuk mencari pemasok tetap
jenis pisang tersebut di beberapa titik
lokasi yang berbeda mengantisipasi jika kesulitan mendapatkan pisang jenis
tersebut tidak ada di pemasok yang utama maka bisa pindah ke lokasi pemasok
pisang yang lainnya
Intensity of Competitive Rivalry
Dalam
pengembangan produk dari Holmes Keripik yaitu untuk menyiapkan jawaban dari
pesaing bisnis, maka Holmes Keripik akan
selalu menjaga kualitas dan menambah inovasi rasa serta menambah jenis
bahan baku dari Holmes Keripik sebagai inovasi produk baru dan tetap menerapkan
harga terjangkau dari produksi Holmes Keripik.