1.
Menurut anda, bagaimana seharusnya sikap
seorang presenter ketika sedang menyampaikan presentasi? Dan kendala apa saja
yang mungkin ditemui oleh presenter ketika menyampaikan presentasi?
Menurut
saya sikap seorang presenter saat menyampaikan presentasi sebaiknya tidak hanya
berdiri diam di atas mimbar/panggung, dan tidak okus hanya pada satu audiens
namun bisa berjalan sesekali mendekat kepada audiens yang ingin di tanya dan untuk
melihat/tatapannya bisa memandang kesegala arah audiens yang ada.
Kendala
yang mungkin ditemui presenter :
Ø Gugup
karena terlalu banyak audiens atau mungkin audiensnya adalah para tokkoh- tokoh
yang cerdas dan terkenal
Ø Lupa
sedikit dari poin slide yang akan disampaikan
Ø Durasi
presentasi berubah
2.
Bagaimana seharusnya tampilan power point
maupun media yang sedang disampaikan oleh presenter supaya menarik bagi
audience?
Ø Rangkuman
point-point materi
Ø Buat
kata kunci materi supaya menarik dan mudah di ingat
Ø Desain
tidak terlalu rame dan tidak terlalu kosong dan sesuaikan template sesuai tema
yang disampaikan
Ø Berikan
animasi atau gambar lalu jelaskan dari isi animasi dan gambar tersebut
3.
Terdapat 3 gaya negosiasi. Menurut anda,
dalam kondisi apa masing-masing gaya tersebut diterapkan?
Ø Gaya
tarik
Gaya
ini mengharuskan untuk menyelami perasaan lawan
negosiasi dan menunjukan bahwa kita berada di pihak mereka.
Diterapkan saat lawan negoisasi
menyampaikan aspirasinya
Ø Gaya
dorong
Gaya
ini mengharuskan untuk menyelami perasaan lawan
negosiasi dan menunjukan bahwa kita berada di pihak mereka. Menjembatani
: melibatkan dan mendukung lawan
negosiasi, mendengarkan secara aktif, dan mencari kesamaan.
Menarik : meningkatkan semangat, membangun visi, dan membuka semangat.
Diterapkan saat mendukung aspirasi
lawan negoisasi yang patut di jadikan keputusan bersama
Ø Bergeser
dari gaya tarik ke gaya dorong.
Kebanyakan
negosiator memulai negosiasi dengan gaya tarik untuk membangun kedekatan dan
mendapat pemahaman yang jelas mengenai
posisi lawan. Kita mungkin saja menghadapi titik yang sulit diselesaikan dalam negosiasi setelah menggunakan gaya
dorong. Jika mengalaminya, langkah
terbaik adalah mundur dan menjajaki
titik tersebut secara lebih rinci bersama lawan
dengan menggunakan daya tarik.
4.
Mengapa teamwork penting untuk diterapkan?
Penting.
Karena
dalam sebuah teamwork sudah ditentukan tugasnya masing-masing. Maka tugas
tersebut harus segera dilaksanakan dengan tanggung jawab. Untuk menyolidkan
sebuah teamwork, dibutuhkan juga suatu keakraban antar individu ataupun pihak
yang terkait. Karena hal ini akan memberikan suatu kenyamanan dalam
melaksanakan masing-masing tugasnya. Demi mencapai tujuan bersama pada suatu
perencanaan teamwork.
5.
Apa yang terjadi jika dalam suatu tim atau
divisi di suatu perusahaan tidak terdapat teamwork antar karyawannya?
Tidak
adanya kesolidan atau keakraban dan setiap individu terlalu apatis dan focus
terhadap kerja masing-masing jika tidak adanya teamwork antar karyawan. Dan
kurangaya saling berbagi ilmu atau pengalaman dan wawasan baru untuk
meningkatkan efisiensi kerja antar sesama karyawan. Serta menyulitkan
pencapaian tujuan perusahaan.
6. Apa saja arti teamwork bagi pekerja atau aktivitas sehari-hari?
Aktivitas teamwork sangat berpengaruh dalam keberhasilan serta pencapaian hasil kerja teamwork. Oleh karena itu di setiap teamwork pasti ada pemimpin yang bertugas mengkoordinasi setiap anggotanya untuk membagi tugas sesuai dengan keahlian setiap anggota dan anggota harus aktif saling berkomunikasi untuk setiap proyek yang dikerjakan bersama. Karena adanya teamwork dan pembagian kerja saja tanpa komunikasi atau meminta saran pendapat dari anggota yang lain untuk mengoreksi, hal tersebut bisa menurunkan efektivitas kerja tim karena teamwork harus berdiskusi dalam arti bekerja sesuai tugas dan mengkomunikasikan setiap tugas mereka dengan anggota yang lain supaya hasil dari kerja tim tersebut bisa dikoreksi supaya menghasilkan final project unggul dan memuaskan.